Kerupuk Seuhah

Thursday, July 5

Potensi Wisata Kabupaten Kuningan


Kabupaten Kuningan yang memiliki luas 1.178,57 Km, terletak di bawah kaki Gunung Ciremai antara 108°23″ – 108°47″ Bujur Timur dan 6°45″ – 7°13″ Lintang Selatan dengan temperatur 18-30C,  terletak di bagian timur Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di utara, Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) di timur, Kabupaten Ciamis di selatan, serta Kabupaten Majalengka di barat. Kabupaten ini terdiri atas 32 kecamatan dengan 361 desa dan 15 kelurahan memiliki berbagai macam Objek dan Daya Tarik Wisata dan untuk saya posting disini  tentang Potensi Wisata Kabupaten Kuningan

Ok .. langsung ke tkp.. inilah Potensi atau Objek wisata di Kabupaten Kuningan – Jawa Barat :

Wisata Linggarjati Indah

Terletak di Jl. Linggarjati No.04 Telp(0232) 613188, Kecamatan Cilimus Kab Kuningan
Jenis Wisata : Hiburan/ Rekreasi , daya Tarik : Kolam Renang, Sepeda air, Aneka Mainan anak- anak, Villa/Cottage, Aula gedung Pertemuan, restoran, perkemahan,Out bond.
Jarak Tempuh : 1 km dari perempatan bojong

Lingkungan Alam Fisik
Linggarjati merupakan tempat rekreasi yang sangat lengkap dengan lingkungan yang sangat sejuk,. Konfigurasi umum lahan taman rekreasi ini berbukit-bukit, dengan kemiringan lahan agak curam, stabilitas tanah sedang, dan daya serap tanah baik, kualitas lingkungan cukup. Serta terdapat tumbuh-tumbuhan tropis berhawa sejuk cocok untuk perkemahan.

Aspek Khusus
Fasilitas yang tersedia disini adalah kolam renang dengan standar Nasional ,dilengkapi 2 buah luncuran yang panjangnya 25 M,  kolam renang untuk anak-anak 2 buah dengan air mancur yang disenangi anak-anak. Aktivitas yang dapat dilakukan di taman rekreasi ini adalah berenang, menikmati pemandangan dan berjalan-jalan di sekitar taman dll. serta kebersihan yang selalu dijaga.

TARIF MASUK DAN FASILITAS
Pintu Masuk Gapura : Dewasa Rp. 4.000 / orang , Anak- anak Rp. 3.500 / orang
Parkir kendaraan : Motor Rp. 4.000 / Motor, Mobil sedan Rp. 5.000 / Mobil , - Truk / Bus Rp. 10.000 / Bus

Kolam renang : Dewasa Rp. 5.000 / orang , Anak -anak Rp. 4.000 / orang
Sepeda Air : Dewasa / Anak 2 orang Rp. 10.000 / 15 menit
Aneka Mainan Anak- anak Harga : Mobil koin Rp. 3.000 / anak , Kereta Api Mini Rp. 3.000 / ,
- Kuda Putar dll Rp. 3.000 / anak

Villa / Cottage : Single Room Rp. 66.000 – Rp. 82.500.- , Standar Room Rp. 66.000 – Rp. 110.000.- , Familiy Room Rp. 110.000 – Rp. 165.000.-
Aula / Gedung Pertemuan : Sehari semalam Rp. 825.000.- , ½ hari Rp. 550.000.- , Extrabad Rp. 15.000.-

Aksesibilitas
Untuk menuju ke tempat ini dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak 2 km dari Kecamatan Cilimus. angkutan kota jurusan Cipanas-Tarogong dengan biaya Rp. 1.000-1.500, dengan Ojek dengan harga Rp. 5000-6000. Adapun kondisi jalan menuju kawasan linggarjati melalui Cibeureum yang sangat mengesankan pemandangannya.

Gedung Bersejarah Perjanjian Linggarjati 

Terletak di  Jl. Linggarjati , Kecamatan : Cilimus Kab Kuningan
Jenis Wisata : History/ Rekreasi dengan daya Tarik : Sejarah Perundingan Linggarjati dan taman. Jarak Tempuh : 1 km dari perempatan bojong

Lingkungan Alam Fisik
Gedung Perundingan Linggarjati merupakan tempat bersejarah yang didukung dengan lingkungan yang sangat sejuk, rindang dan asri. Konfigurasi umum lahan taman rekreasi ini berbukit-bukit, dengan kemiringan lahan agak curam, stabilitas tanah sedang, dan daya serap tanah baik, kualitas lingkungan cukup.

Aspek Khusus
Fasilitas yang tersedia disini adalah benda bersejarah yaitu naskah perundingan, ruangan rapat, kamar tidur, miniatur perundingan bangsa indonesia dengan belanda, dll.

Aksesibilitas
Untuk menuju ke taman rekreasi ini dapat menggunakan kendaraan pribadi yang akan menempuh jarak 2 km dari Kecamatan Cilimus. Selain itu juga dapat menggunakan angkutan kota dengan jurusan Cipanas-Tarogong dengan biaya Rp. 1.000-1.500, dengan Ojek dengan harga Rp. 5000-6000. Adapun kondisi jalan menuju kawasan linggarjati  bisa juga melalui desa Cibeureum .,

Wisata Pemandian Cibulan

Alamat : Jl. Raya manis kidul Desa manis Kidul , Kecamatan : Jalaksana ,
Jenis Wisata : Spiritual / rekreasi
Daya Tarik : Kolam Renang, Ikan Dewa, Situs Tujuh Sumur, Danau Batu Gajah, Hutan lindung, Rumah makan Kios makanan, Cinderamata, Sarana Parkir, Mushola, MCK dll.
Jarak Tempuh : 200 m dari gerbang dan jalan raya jalaksana

Riwayat Singkat
Obyek wisata Cibulan merupakan obyek wisata hutan air yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar, tinggi, dan rindang serta merupakan sumber mata air yang cukup baik.
Kolam Cibulan banyak dihuni oleh ikan sejenis Kancra bodas ( putih) yang disebut juga ikan dewa. Ikan-ikan tersebut mempunyai misteri yang merupakan daya tarik dan termasuk ikan langka . obyek wisata Cibulan yang konon adalah merupakan peninggalan wali yang menyebarkan agama Islam dan disana juga terdapat situs petilasan Prabu Siliwangi Raja Pajajaran, dan terdapat Sumur 7 ( tujuh ) yang masing-masing. memiliki khasiat bagi orang yang mempercayainya antara lain :
Sumur Kejayaan, Cisadane, kemulyaan, kemudaaan, Pengabulan, Keselamatan dan Cirancana , pada waktu tertentu tempat-tempat tersebut banyak diziarahi orang luar kabupaten kuningan. Kolam tersebut dibangun secara permanen sekitar tahun 1939

Aspek Khusus
Luas keseluruhan tanah yang dimiliki adalah 5 ha , luas Kolam Cibulan 600 m, 400 m kolam dewasa, 200 m untuk kolamanak-anak. Serta terdapat fasilitas antara lain :

- Kolam pemandian
- Situ Tirta Wulan
- Situs Sumur 7 ( Tujuh )
- Danau Batu Gajah
- Hutan Lindung
- Rumah Makan
- Kios Makanan dan Cinderamata
- Sarana parkir yg cukup luas
- Mushola- MCK dll.

Aksesibilitas
Untuk menuju ke tempat inidapat menggunakan kendaraan pribadi yang akan menempuh jarak 200 m dari Jalan raya/ gerbang masuk Cibulan. Selain itu juga dapat menggunakan angkutan kota dengan jurusan Cirebon – Kuningan .

Wisata Lembah Cilengkrang

Secara geografis terletak disebelah barat Desa Pajambon Kecamatan Kramatmulya atau 13,5 km dari pusat kota Kuningan menuju ke utara. Wisata Alam Lembah Cilengkrang memiliki keistimewaan sebagai wanawisata (Ekotourism) yang terbagi dalam tiga zona, yaitu : 1) zona wisata harian, kemah dan kehidupan burung; 2) zona untuk mandi air panas, kemah dan Curug Sabuk; 3) zona untuk mandi air panas alami, Curug Sawer

Taman Purbakala Cipari

Taman Purbakala Cipari ada di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur . Situs Purbakala Cipari ditemukan pada tahun 1972, berupa Peti Kubur Batu, temuan-temuan berupa perkakas batu, gerabah, perunggu, dan bekas-bekas pondasi bangunan masa prasejarah. Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa situs Cipari mengalami dua kali masa pemukiman, yaitu masa akhir neolitik dan awal pengenalan bahan perunggu pada 1000 SM sampai 500 M atau masa Megalitik.

Wisata Taman Nasional Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 m dpl.Wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.

Wisata Telaga Remis

Terletak di desa Kaduela , Kecamatan Pasawahan
Jenis Wisata : Rekreasi dengan daya Tarik : Perkemahan, Kolam renang, tempat rekreasi
Jarak Tempuh : 25 km dari Kecamatan mandirancan

Lingkungan Alam Fisik
Talaga Remis adalah sebuah danau alam merupakan tempat rekreasi dengan sejuk, rindang dan asri. Konfigurasi umum lahan ini berbukit-bukit, dengan kemiringan lahan agak curam, stabilitas tanah sedang, dan daya serap tanah baik, kualitas lingkungan cukup. Serta terdapat tumbuh-tumbuhan tropis yang cocok untuk perkemahan. Luas lokasi sekitar 28 ha.

Aspek Khusus
Fasilitas yang tersedia disini adalah sepeda air, perkemahan, perahu, gedung, panggung hiburan 2 tempat, Mushola, Toilet dll.
Talaga remis dikelola oleh 2 pihak yaitu Pihak swasta ( KBM ) kesatuan bisnis mandiri dan Perum perhutani.

TARIF MASUK DAN FASILITAS
Tiket Masuk Harga
- Dewasa Rp. 5.000 / orang
- Motor Rp. 1.000
- Mobil Rp. 2.500
- Mobil roda 6 Rp. 5.000

Aksesibilitas
Untuk menuju tempat wisata Talaga remis ini dapat menggunakan kendaraan pribadi yang akan menempuh jarak 25 km dari Kecamatan mandirancan,12 km dari palimanan dan 40 km dari kuningan. sarana transportasi umum yang ada pada umumnya adalah colt.

Waduk Darma

Terletak di Desa Jagara Kec. Darma , Memiliki Luas Areal ± 425 Ha dengan jarak dari Kota Kuningan ± 12 Km dengan Sarana dan Prasarana yang tersedia :
- Cottage
- Area parkir
- Mushola
- Kolam renang anak & Taman bermain anak
- Panggung pertunjukan
- Gazebo

Aktifitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan adalah :
- Penelitian
- Photography
- Rekreasi
- Pleasure Walking
- Pertunjukan Kesenian
- Olah raga berperahu
- Berkemah
- Fasilitas outbond yang menantang
- Rekreasi Memancing

Wisata Darmaloka

Balong Keramat Darmaloka terletak di Desa Darma Kecamatan Darma dan berada ditepi lintasan jalan Cirebon – Kuningan – Ciamis. Menurut cerita Balong Keramat Darmaloka merupakan bekas peninggalan zaman Walisongo dalam penyebaran agama Islam. Balong ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu : Balong Ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur, Balong Kambang, dan sumber air Cibinuang. Balong ini dihuni oleh ikan Kancra Bodas yang biasa disebut ikan Dewa. Di komplek Balong Keramat Darmaloka terdapat makam Syekh Rama Gusti yang ditugaskan oleh Walisongo untuk menyebarluaskan agama Islam di daerah tersebut.

Wisata dan Bumi Perkemahan Palutungan

Bumi Perkemahan Palutungan terletak di Dusun Malaraman Desa Cisantana Kecamatan Cigugur ± 9 km dari kota Kuningan kearah barat, di mana lokasi ini khusus untuk perkemahan. Adapun penunjang, disekitar terdapat mata air Curug Ciputri, Curug Landung, warung jajan, dan areal parkir.

Wisata Rekreasi Taman Sidomba

Terletak di desa Peusing  ,  Kecamatan : Jalaksana
Jenis Wisata : Rekreasi deangan Daya Tarik : Hiburan dan Alam terbuka
Jarak Tempuh : Curug, Saung, Tangga Ular, Perkemahan, Mainan Anak2, Mobil Pemandu wisata, Kolam renang

Lingkungan Alam Fisik
Lingkungan alam Sidomba yaitu berupa pedesaan yang masih alami dan menarik, stabilitas tanah sedang, dan daya serap tanah baik, serta kualitas lingkungan cukup baik.

Aspek Khusus
Fasilitas yang tersedia adalah suasana hiburan yang disuguhi pesona yang  alami bebas dari kesibukan, penduduk yang ramah, keragaman hayati, rona bentang alam yang indah, suara air yang mendesir , jernihnya air bendung kalitiga, udara sejuk segar bebas polusi.

Wisata Pemandian air panas Sangkanurip Alami

Terletak di desa Sangkanurip , Kecamatan Cigandamekar
Jenis Wisata : Rekreasi dan Terapi Kesehatan  dengan daya tarik : Kolam Renang air Panas dan Dingin, Jarak Tempuh : 50 m dari jalan raya gerbang sangkanurip

Lingkungan Alam Fisik
Sangkanurip Alami terletak di Sangkanurip, Kec. Cigandamekar. Konfigurasi umum Dangkanurip lahan ini berbukit-bukit, dengan kemiringan lahan agak curam, stabilitas tanah sedang, dan daya serap tanah baik, serta kualitas lingkungan cukup baik.

Aspek Khusus
Fasilitas yang tersedia disini adalah Kolam renang dan pemandian air panas alami yang mengandung Yodium tinggi. kebersihan dijaga serta kondisi bangunan yang cukup terjaga, sebuah pusat informasi yang terletak di dekat pintu keluar masuk, Fasilitas lain yang paling sering digunakan adalah serta kolam renang dengan kondisi yang baik dan kebersihan cukup. Sarana lain yang terdapat di taman ini adalah tempat parkir yang dapat menampung kendaraan pribadi atau sepeda motor. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah berenang dan terapi kesehatan.

Aksesibilitas
Untuk menuju ke Sangkanurip Alami ini dapat menggunakan kendaraan pribadi yang akan menempuh jarak 50 m dari jalan raya gerbang sangkanurip. Selain itu juga anda dapat berjalan kaki dan menggunakan ojek dengan dengan biaya Rp. 1.000-1.500, .

Demikianlah Potensi Wisata Kabupaten Kuningan yang referensinya saya ambil dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.


  1. Thanks telah mampir, Kalau mau copy paste.. silahkan tapi tolong sumbernya disebutkan /di link ke blog ini
  2. Gratis langganan Artikel,silahkan klik di sini, atau masukan emailnya disidebar yg telah disediakan..

Related Post:


-- Iklan Anda ---

15 comments:

Silahkan pada comment ya.. nanti di comment balik

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Modified by Tirta Tea ! Blogger