Thursday, July 5

Kuningan Versus Jakarta


Kali ini Tirta Tea akan coba posting sisi lain tentang Kuningan Versus Jakarta. Judul ini terinspirasi pasca demam final piala Eropa 2012 atau Euro 2012 antara Spanyol vs Italia , namun  ini bukan soal olah raga, bukan soal sepak bola antara Pesik Kuningan vs Persija.. namun sisi lain tentang…. Kuningan dan Jakarta..

Ada fakta sejarah antara Kuningan dan Jakarta , kenapa di ibu kota ada nama Kuningan ??.. apa hubungannya dengan kota kecil Kuningan sebagai salah satu kabupaten kebanggaanku yang ada di sebelah timur Jawa Barat  ini ??…. yoo dilanjut bacanya .. yaa !!

Menelisik kembali Sejarah Kuningan Pasca Masuknya Islam , yaitu ketika Pemerintahan Cirebon dipegang oleh Sunan Gunung Jati . Saat itu Pasukan Cirebon dan Demak yang dipimpin Faletehan atau Fatahillah dibantu tentara Kuningan yang dipimpin Panglimanya Dipati Ewangga atau Dipati Cangkuang bersama-sama menyerang serta menduduki Banten dan Sunda Kelapa tahun 1527 M.

Setelah menduduki Sunda Kelapa tersebut Dipati Ewangga beserta sejumlah pasukanya , juga sebagian pasukan dari Cirebon dan Demak banyak yang terus menetap di Sunda Kelapa , lalu namanya diganti Menjadi Jayakarta. Dikemudian hari sampai sekarang  nama itu menjadi Jakarta. Dapat dikatakan bahwa mereka merupakan penduduk muslim pertama di kota pelabuhan tersebut.

Pada waktu itu Dipati Ewangga bersama pasukannya ( Tentara Kuningan ) memilih daerah agak ke pedalaman sebagai tempat tinggal mereka dan mendirikan sebuah perkampungan  baru yang dikenal dengan nama Kampung Kuningan. Sekarang daerah itu menjelma menjadi kawasan elite , pertokoan dan perkantoran. Itulah daerah Mega Kuningan - Jakarta yang pada tahun  2003 dan 2009  diguncang ledakan Bom para teroris di dua Hotel mewah Ritz Carlton dan JW Marriott. Konon di Daerah itu ada sebuah kuburan yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Mungkinkah kuburan itu adalah makam Dipati Ewangga ???.

Itulah sekelumit kisah masa lalu dari Daerah Kuningan vs Jakarta. Ternyata ada kaitan atau hubungan moral dan emosional antara kedua daerah itu yaitu  Jakarta yang dikenal dengan kehidupan glamour ala Ibu kota, sementara Kabupaten Kuningan dikenal dengan tempat Perjanjian Linggar Jati diadakan, tempat ikan dewa hidup aman dikolam kramat seperti Cigugur , Cibulan dan Balong Darma , tempat dibuatnya Ketembling, Tape Ketan dan Sirup Jeruk Nipis sebagai oleh2 makanan khas daerahnya. Semoga menjadi bahan bacaan, syukur jadi bahan renungan bahwa Bangsa yang besar "katanya" tak melupakan sejarahnya.


  1. Thanks telah mampir, Kalau mau copy paste.. silahkan tapi tolong sumbernya disebutkan /di link ke blog ini
  2. Gratis langganan Artikel,silahkan klik di sini, atau masukan emailnya disidebar yg telah disediakan..

Related Post:


-- Iklan Anda ---

14 comments:

  1. Setuju bahwa bangsa yang besar tak kan melupakan sejarahnya

    ReplyDelete
  2. Kiran mnain bola.. gak tahunya sejarah .. hehe

    ReplyDelete
  3. Ternyata sejrahnya seperti itu ya

    ReplyDelete
  4. Ngelink dulu di blog dofollow ini

    ReplyDelete
  5. terimkasih dengan adanya artikel berikut ini saya mendapat pengetahuan baru yang sangat beramnfaat. ditunggu artikel berikutnya

    ReplyDelete
  6. Jadi ada pengalaman nih pak kalau nanti ke Jakarta, semoga kesampaian

    ReplyDelete
  7. kunjungan sore gan ikut nyimak artikelnya makasih

    ReplyDelete
  8. Wow, ternyata itu toh kaitan antara kuningan dan kota jakarta yah..... info yang menarik.

    ReplyDelete

Silahkan pada comment ya.. nanti di comment balik

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Modified by Tirta Tea ! Blogger