Kerupuk Seuhah

Friday, July 6

Mengenal Objek Wisata Cibulan - Kuningan


Kolam Cibulan-Kuningan Salah satu dari sekian banyak objek wisata di Kuningan adalah Kolam Renang Cibulan yang terletak di Desa Manis Kidul  - Kecamatan Jalaksana, ± 7 Km dari kota Kuningan , Objek Wisata Cibulan ini letaknya cukup strategis karena hanya sekitar 200 meter dari jalan raya Cirebon – Kuningan

Untuk lebih Mengenal Objek Wisata Cibulan – Kuningan kita harus menelisik sejarah kolam renang Cibulan yang dikeramatkan oleh sebagian masyarakat di sekitarnya.

Konon menurut cerita masyarakat di daerah tersebut, timbulnya sumber air di Cibulan yaitu pada waktu Putri Buyut Manis yang terkenal dengan kecantikannya dipinang menjadi Tirta Tea. Kolam Cibulanpermaisuri oleh Putra Buyut Talaga. Tetapi, Putri Buyut Manis telah mempunyai kekasih piiihannya sendiri, hingga dalam hati Putri Buyut Manis tidak setuju dan tidak mau atas pinangan Putra Buyut Talaga tersebut. Oleh karena kebiasaan atau adat istiadat yang berlaku pada waktu itu, sulit bagi Putri Buyut Manis untuk menolaknya secara terang-terangan. Maka untuk menyatakan ketidak setujuannya, ia lari dari kediamannya dan menghilang di suatu tempat. 

Di tempat dimana Putri Buyut Manis menghilang, timbul sumber-sumber mata air, hingga tersebutlah nama Cibulan.
Pada waktu para wali menyebarkan agama Islam ratusan tahun yang lalu yang berpusat di Cirebon, akan mengislamkan daerah Kuningan, maka sampai di daerah Cibulan para wali menemukan sumber mata air yang selanjutnya dijadikan tempat peristirahatan. Selanjutnya dibuatlah kolam dan ditanami ikan kancra bodas. Ikan tersebut sekarang dijadikan ikan keramat, seperti halnya ikan yang terdapat di kolam renang Cigugur, Darmaloka, Linggarjati dan Situ Pesawahan.

Sebelum para wali menyebarkan agama Islam, daerah Cirebon asal mulanya patilasan Prabu Siliwangi. Karena disebelah barat kolam renang Cibulan terdapat sumur-sumur kecil, Ikan Keramat di Kolam Cibulanyang terkenal dengan sebutan "SUMUR TUJUH".Sedangkan disekitar sumur tujuh oleh Prabu Siliwangi dipergunakan sebagai tempat bersemedi. Sumur tersebut juga oleh Prabu Siliwangi dipergunakan untuk keperluan membasuh muka dikala beliau akan mensucikan diri dan mengheningkan cipta.
Adapun nama-nama sumurnya ialah

  1. Sumur Kejayaan;
  2. Sumur Kemulyaan;
  3. Sumur Pengabulan,
  4. Sumur Cisandane;
  5. Sumur Kemudaan;
  6. Sumur Keselamatan;
  7. Sumur Cirancana

Kolam CibulanMenurut kepercayaan masyarakat setempat, keseluruhan sumur-sumur tersebut merupakan suatu rangkaian satu sama lain, agar kita menempuh bahtera hidup mengalami kejayaan, kemulyaan, keselamatan, awet muda, dan segala rencana atau cita-cita bisa segera dikabulkan. Syaratnya kita harus menemui juru kunci untuk mengadakan permohonan terlebih dahulu. Selanjutnya kita dipersilakan untuk membasuh muka dan membawa air dari sumur tujuh yang dikeramatkan itu.

Bahkan menurut masyarakat di sekitar objek wisata kolam renang Cibulan, yaitu tepatnya di sekitar sumur tujuh terdapat Kepiting Emas (yang wamanya keemas-emasan). Sewaktu-waktu bisa terlihat oleh orang-orang yang akan mendapat rizki (kebahagiaan). Waktunya terutama pada jum'at kliwon. Mengenai kebenarannya kepercayaan tersebut Wallahu Alam, namun sampai sekarang masih banyak orang-orang yang datang untuk berziarah ketempat tersebut, terutama orang-orang dari luar daerah Kabupaten Kuningan.

Nah itulah sedikit riwayat atau sejarah Kolam Renang Cibulan yang kini menjadi salah satu Objek Wisata andalan di kabupaten Kuningan.


  1. Thanks telah mampir, Kalau mau copy paste.. silahkan tapi tolong sumbernya disebutkan /di link ke blog ini
  2. Gratis langganan Artikel,silahkan klik di sini, atau masukan emailnya disidebar yg telah disediakan..

Related Post:


-- Iklan Anda ---

9 comments:

Silahkan pada comment ya.. nanti di comment balik

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme ! Modified by Tirta Tea ! Blogger